Pengumuman kelulusan UM-PTKIN 2017 bisa dilihat di INFORMASI PMB
Brosur PMB IAIN Pekalongan Tahun Akademik 2017/2018 bisa diunduh di menu INFORMASI PMB
Hati-hati terhadap modus penipuan melalui sms/telp tentang pelatihan/apa saja yg mengatasnamakan pimpinan IAIN Pekalongan, konfirmasikan terlebih dulu ke (0285) 412575

IAIN Pekalongan

IAIN Pekalongan Gelar Ujian Tulis Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

E-mail Print PDF

PekalonganSetelah penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN selesai, kini IAIN Pekalongan melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri. Sebanyak 1.231 calon mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka hari ini mengikuti ujian tertulis yang digelar di Institut Agama Islam Negeri Pekalongan (IAIN Pekalongan). Ujian tertulis jalur Mandiri ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 19-20 Juli 2017.

Perlu diketahui, seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri merupakan seleksi penerimaan mahasiswa yang dikelola langsung oleh IAIN Pekalongan dengan memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif serta tidak membedakan jenis kelamin, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan IAIN Pekalongan.

Seleksi PMB Jalur Mandiri ini menggunakan sistem seleksi ujian tertulis. Ujian tertulis jalur Mandiri menggunakan soal ujian yang memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Ujian jalur mandiri dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa disemua program studi di IAIN Pekalongan, yang meliputi tes potensi akademik, tes bidang studi dasar (Bahasa Arab dan Bahasa inggris), tes wawasan keislaman (Al-Quran Hadits, Aqidah - Akhlak, Sejarah kebudayaan Islam dan Fiqih), tes praktikum ibadah dan tes Baca Tulis Al-Quran (BTQ).

Para calon mahasiswa harus berjuang keras untuk bisa lolos dan berhasil menduduki kursi di perguruan tinggi sesuai dengan cita-cita yang mereka impikan. Mereka harus bersaing dengan sangat ketat dalam ujian ini, mengingat kuota kursi mahasiswa baru di IAIN Pekalongan yang di perebutkan terbatas, hanya 350.

Selain jalur Mandiri, kemarin juga sudah dilaksanakan seleksi mahasiswa baru jalur Minat Bakat yang diperuntukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik minimal juara 1 tingkat kabupaten\kota atau tahfidz qur’an minimal 5 juz. Ada 13 calon mahasiswa yang lolos melalui jalur Minat Bakat ini.

Hasil kelulusan seleksi PMB Jalur Mandiri ini akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2017 di website IAIN Pekalongan, http://iainpekalongan.ac.id.