IAIN Pekalongan telah merilis SIKADU versi Android, aplikasi bisa diunduh di Google Play
hasil SKD dan pelaksanaan SKB pengadaan CPNS IAIN Pekalongan, silahkan cek PENGUMUMAN
Hati-hati terhadap modus penipuan melalui sms/telp tentang pelatihan/apa saja yg mengatasnamakan pimpinan IAIN Pekalongan, konfirmasikan terlebih dulu ke (0285) 412575

IAIN Pekalongan

Satuan Pengawas Internal (SPI)

E-mail Print PDF

Pengawasan Internal adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik. Pengawasan intern juga ditujukan untuk mengamankan harta dan aset, terselenggaranya laporan keuangan yang baik, dan mendeteksi secara dini terjadinya penyimpangan dan ketidak-patuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Satuan Pengawas Internal (SPI) adalah satuan pemeriksa/satuan pengawasan yang dibentuk untuk membantu terselenggaranya pengawasan pada sebuah satker.

Kedudukan Satuan Pengawas Internal (SPI) dalam sebuah Perguruan Tinggi (PT) diatur dalam organisasi tata kerja (ortaker) PT tersebut yang dikeluarkan oleh Menteri Agama dalam bentuk PMA (untuk PTKIN), oleh Menteri Riset dan Teknologi, Pendidikan Tinggi dalam bentuk Peraturan Menteri. Jika dilihat dalam ortaker IAIN Pekalongan sebagai contohnya, terlihat bahwa SPI berkedudukan di bawah Rektor. Apabila mengacu kepada praktik-praktik pada umumnya SPI juga berada dibawah pimpinan tertinggi sebuah satker, baik berstatus satker PNBP maupun satker BLU. Masih terkait soal kedudukan SPI, demi menjaga independensi maka sebaiknya SPI secara operasional tidak dilibatkan atau bertanggungjawab langsung atas kegiatan bagian atau unit kerja yang diperiksa oleh SPI.

Tujuan pengawasan internal secara umum, SPI dibentuk dengan tujuan, antara lain: (a) memastikan pengelolaan satker sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, (b) memastikan tujuan satker dapat tercapai secara optimal, (c) memastikan pengelolaan satker sesuai dengan prinsip ekonomis, efisien, efektif dan produktif, (d) memastikan keamanan aset yang dikuasai satker, (e) memastikan terwujudnya pelaporan keuangan dan/atau pelaporan layanan yang baik dan benar.

Tugas utama SPI adalah melakukan pemeriksaan intern dalam rangka pengawasan baik aspek keuangan maupun non keuangan/aspek layanan yang diberikan satker dengan tetap berkordinasi dengan pimpinan bagian atau unit kerja yang diperiksa SPI.

Ruang lingkup Pengawasan Internal adalah melakukan Pengawasan Internal terhadap bidang non akademik meliputi bidang keuangan, bidang aset, dan bidang kepegawaian di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

Keanggotaan Satuan Pengawas Internal(SPI) Perguruan Tinggi diangkat dan diberhentikan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi. Anggota SPI dapat diangkat dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Non Pegawai Negeri Sipil dengan mempertimbangkan pengalaman dan/atau pengetahuan yang memadai di bidang pengawasan. Adapun Keanggotaan Satuan Pengawas Intenal (SPI) IAIN Pekalongan untuk Periode 2017 – 2021 adalah M. Nasrullah, SE., M.S.I sebagai Kepala SPI dan Agus Arwani, SE, M.Ag sebagai Sekretaris SPI.