Relasi Kebiasan Belajar, Pergaulan, Dan Prestasi Belajar Matematika di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.28918/jupe.v14i1.832
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Sembada Kebumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan test. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,863, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,663, (3) ada hubungan yang positif dan siginifikan antara kebiasaan belajar dan pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,874. Besarnya sumbangan relatif X1 sebesar 84,39% dan X2 sebesar 15,61%. Besarnya sumbangan efektif X1 sebesar 64,417% dan X2 sebesar 11,91%.
Published
2017-08-11
How to Cite
STIAWAN, Drajat.
Relasi Kebiasan Belajar, Pergaulan, Dan Prestasi Belajar Matematika di Lembaga Pendidikan Islam.
JURNAL PENELITIAN, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 65-76, aug. 2017.
ISSN 2541-6944.
Available at: <http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/Penelitian/article/view/832>. Date accessed: 04 dec. 2017.
doi: https://doi.org/10.28918/jupe.v14i1.832.
Issue
Section
Artikel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.