Dakwah Corporate Social Responsibility di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.28918/jupe.v14i1.813
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan dakwah perusahan sebagai bentuk dari program corporate social responsibility yang dilakukan Pertamina Balongan Indramayu melalui kegiatan pengembangan masyarakat pada sektor pertanian sebagai komoditas utama masyarakat mengingat di wilayah Indramayu memiliki luas areal pertanian yang cukup besar dengan tenaga kerja yang yang terlibat di sektor pertanian dan masih berada pada garis kemiskinan dan ketidakberdayaan. Konsepsi dakwah bukan hanya identik dengan tabligh tetapi meliputi semua segi kehidupan manusia untuk menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik. Prinsip utama dalam kegiatan dakwah ini untuk menumbuhkan kesadaran dan kekuatan pada masyarakat sebagai objek dakwah itu sendiri. Dakwah dalam bentuk pengembangan masyarakat sebagai proses dari serangkaian kegiatan yang mengarah pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan. Kegiatan dakwah perusahaan dilaksanakan melalui: peminjaman lahan, penguatan modal usaha, pembinaan manajemen dan usaha pertanian, pelatihan budi daya pertanian, dan pemasaran hasil pertanian.
Published
2017-08-11
How to Cite
RIDWANULLAH, Ade Iwan.
Dakwah Corporate Social Responsibility di Indonesia.
JURNAL PENELITIAN, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 43-64, aug. 2017.
ISSN 2541-6944.
Available at: <http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/Penelitian/article/view/813>. Date accessed: 19 nov. 2017.
doi: https://doi.org/10.28918/jupe.v14i1.813.
Issue
Section
Artikel
Keywords
Corporate Social Responsibility, Dakwah, dan Pengembangan Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.