Hati-hati dengan aplikasi SIKADU palsu, IAIN Pekalongan BELUM merilis SIKADU versi Android dan IOS, saat ini SIKADU hanya dapat diakses melalui browser.
Jadwal user education SIKADU mahasiswa baru angkatan 2017, silahkan cek INFORMASI CIVITAS AKADEMIK
Informasi CPNS IAIN Pekalongan Tahun 2017, silahkan cek PENGUMUMAN
Hati-hati terhadap modus penipuan melalui sms/telp tentang pelatihan/apa saja yg mengatasnamakan pimpinan IAIN Pekalongan, konfirmasikan terlebih dulu ke (0285) 412575

IAIN Pekalongan

Jurnal Institut Agama Islam Negeri Pekalongan Menuju Akreditasi Nasional

E-mail Print PDF

jurnal narsum juli 2017

Pekalongan – Sebagai salah satu tri dharma perguruan tinggi, penelitian tidak bisa dipisahkan dari tugas akademik dosen. Karena, dari penelitian yang berkualitas akan mengangkat derajat perguruan tinggi pula. Jurnal, sebagai salah satu media publikasi hasil penelitian, memainkan peran vital bagi terciptanya iklim tersebut.

Dalam rangka meningkatkan mutu publikasi jurnal di IAIN Pekalongan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Pekalongan menyelenggarakan workshop bertajuk “Tata Kelola OJS Menuju Akreditasi Nasional”.

Ketua LP2M, Maghfur Ahmad, M.Ag, mengatakan salah satu tolok ukur kualitas penelitian adalah dipublikasikannya hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. “Untuk mencapai derajat bereputasi jurnal-jurnal tersebut harus terindeks dalam direktori bereputasi pula. Salah satunya adalah DOAJ atau Directory of Open Access Journals,” jelas pria kelahiran Demak ini.

Maghfur menjelaskan, jurnal-jurnal di lingkungan IAIN Pekalongan tengah berupaya menaikkan level menuju jurnal terakreditasi nasional. “Dengan masuknya tiga jurnal di IAIN Pekalongan di DOAJ diharapkan akan segera disusul oleh jurnal-jurnal lain,” tandas kandidat Doktor ini. Adapun tiga jurnal tersebut antara lain, Jurnal Penelitian, Religia, dan Alsinatuna.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 Bagian Akademik, Dr. Mukhlisin, M.Ag mengingatkan kembali tugas berat yang diemban oleh kalangan akademik, utamanya dosen. Wujud nyata tugas tersebut antara lain adalah publikasi jurnal. “Bagaimana menajamkan tupoksi kita sebagai dosen? Ketika berbicara jurnal sesungguhnya kita diingatkan tugas kita. Meskipun harus diakui kita agak ompong dalam masalah jurnal,” terangnya.

Mukhlisin menambahkan akan mendorong progres jurnal-jurnal yang ada di lingkungan IAIN Pekalongan. Hal itu tercermin dari komitmennya mendukung pengembangan jurnal, baik persoalan anggaran, infrastruktur, server, kapasitas kelembagaan dan ketenagaan. Maghfur menyambut i’tikad baik dukungan dari Wakil Rektor 1. “Semoga dukungan dari Warek 1 menambah semangat dan daya gedor para pengelola jurnal,” imbuhnya.

jurnal peserta juli 2017

Acara yang digelar di Gedung Rektorat lantai 3 pada Rabu (26/07/2017) dihadiri oleh Associate Editor dari DOAJ, Yoris Adi Maretta. Yoris, sapaan akrabnya, memandu para pengelola jurnal memahami tata kelola agar dapat segera berakselerasi menuju jurnal akreditasi nasional._(zaka)