Pengumuman kelulusan UM-PTKIN 2017 bisa dilihat di INFORMASI PMB
Brosur PMB IAIN Pekalongan Tahun Akademik 2017/2018 bisa diunduh di menu INFORMASI PMB
Hati-hati terhadap modus penipuan melalui sms/telp tentang pelatihan/apa saja yg mengatasnamakan pimpinan IAIN Pekalongan, konfirmasikan terlebih dulu ke (0285) 412575

IAIN Pekalongan

Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Menyisakan Jalur Mandiri dan Minat Bakat

E-mail Print PDF

rektorat iain berita web

Pekalongan - Animo masyarakat untuk kuliah di IAIN Pekalongan sangat besar, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah pendaftar calon mahasiswa baru di setiap tahunnya. Pendaftaran mahasiswa baru IAIN Pekalongan dibuka sejak bulan maret kemarin, melalui empat jalur yaitu SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), UM-PTKIN (Ujian Masuk- Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), keduanya itu dilaksanakan secara nasional. Ketiga dan keempat adalah Jalur Madiri dan Minat Bakat.

Pengumuman kelulusan jalur UM-PTKIN akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2017. Dari empat jalur tersebut saat hingga saat ini (13 Juni 2017) hanya tinggal jalur mandiri dan jalur minat bakat yang masih dibuka. Kedua jalur di atas memberikan peluang dan kesempatan bagi calon mahasiswa yang tidak lolos pada jalur SPAN-PTKIN maupun UM-PTKIN. Demikian disampaikan oleh Dr. H. Muhlisin, M.Ag Wakil rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Jalur mandiri adalah mekanisme seleksi masuk IAIN Pekalongan melalui ujian tulis dalam bentuk cetak (paper based testing), adapun materi ujian meliputi tes potensi akademik, tes bahasa Arab dan bahasa Inggris, tes wawasan keislaman dan praktik ibadah serta BTQ. Selain itu, untuk melihat kecakapan dan keseriusan calon mahasiswa dalam memilih jurusan atau program studi dilakukan tes wawancara, yang kesemuanya dilaksanakan secara mandiri oleh panitia penerimaan mahasiswa baru.

Adapun tahapan dan alur jalur mandiri ini sudah mulai dibuka dari tanggal 15 Mei bulan lalu hingga tanggal 14 Juli mendatang. Rangkaian ujian seleksi tanggal 19 – 20 Juli dan pengumuman kelulusan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2017.
Sedangkan jalur minat bakat merupakan mekanisme seleksi masuk IAIN Pekalongan berdasarkan penjaringan prestasi minat bakat yang dimiliki calon mahasiswa dalam berbagai bidang yang meliputi bidang olah raga, seni, dan karya ilmiah. Minimal juara I tingkat Kabupaten/Kota atau Hafidz Qur’an minimal 5 Juz.

Pendaftaran kedua jalur ini dibuka hingga tanggal 14 Juli 2017, info lengkap bisa diakses di http://pmb.iainpekalongan.ac.id. Untuk menunjang keberhasilan studi mahasiswa sejumlah beasiswa disediakan diantaranya bidikmisi, prestasi dan tahfidz. Selain biaya kuliah terjangkau, seluruh dosen kompeten dibidangnya lulusan dari kampus luar negeri dan dalam negeri serta IAIN Pekalongan memiliki sejumlah fasilitas pendukung dan penunjang. Sejumlah laboratorium disediakan misalnya Laboratorium Microteaching, Laboratorium Micro-counseling, Laboratorium IPA, Ilmu Falak, PIAUD, bahasa Asing hingga Laboratorium Peradilan semu bagi calon-calon hakim.