PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK

Siti Mumun Muniroh

Abstract


Kecerdasan interpersonal sangat urgen bagi masa depan anak. Bagaimana dengan tingkat kecerdasan interpersonal anak dan pola pengembangan keterampilan sosialnya pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Ulul Albab Kota Pekalongan? Melalui pendekatan double approach (kuantitatif-kualitatif), hasil penelitian mengungkap bahwa tingkat kecerdasan interpersonal siswa SDIT sebagian besar atau 89 % masuk kategori sedang, selain itu 4 % kategori tinggi, serta 7 % kategori rendah. Sedangkan pola keterampilan sosial yang dilakukan pada siswa-siswi SDIT di antaranya dilakukan melalui membangun kurikulum caracter building, membangun keberanian berkomunikasi melalui bercerita, membangun kedekatan personal dan bermain, penanaman nilai-nilai moralitas Islam, belajar menyelesaikan konflik, membiasakan berbagi, dan menumbuhkan sikap kerjasama.

Keywords


multiple intelligenc, kecerdasan interpersonal, caracter building, keterampilan sosial

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL PENELITIAN : ISSN (p) : 1829-9903, adalah Jurnal Ilmiah untuk publikasi hasil penelitian, yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan, Jln. Kusuma Bangsa No.9 Pekalongan, Telp. (0285) 412575, Fax. (0285) 423418, Website : www.stain-pekalongan.ac.id | E-mail : [email protected]
Creative Commons License
JURNAL PENELITIAN by http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats